Tuesday, September 14, 2010

Update / Ping blog

Entahlah update blog dan ping itu sama, tapi yang jelas bagi kita-kita yang masih awam, yang masih newbie, kita berharap secepatnya agar blog kita mempunyai rank tinggi dan masuk dalam indeks googel.



Pernah ada suatu kasus nilai rank di widget alexa dengan toolbar alexa nilainya berbeda, untuk itulah kita harus mengupdate blog kita, apalagi setelah memposting. tapi jangan sering katanya malah dikiranya spam, sehari sekali aja

Step-stepnya adalah:
  1. Kunjungi Website Alexa http://www.alexa.com atau langsung dari Alexa Widget blog anda.
  2. Klik Tab For Site Owner > klik Edit Your Listing > klik I Want To Update…
  3. Isikan data-data blog pada form yang sudah disediakan. Khusus pada kolom isian Email, Alexa meminta untuk memasukkan Email resmi blog seperti emailanda@namabloganda.com
  4. Klik Continue, Alexa akan memberikan konfirmasi bahwa update site info sudah diterima
  5. Login ke email, klik link konfirmasi dari Alexa untuk memberikan jawaban kepada Alexa
  6. Update Site Link Selesai.
Sedangkan ping dapat diartikan sebagai suatu tindakan mengirim pesan ke suatu server untuk menginformasikan bahwa Anda telah melakukan update blog atau situs Anda. Contohnya saat Anda mengubah blog, mempubikasikan postingan terbaru, dan kegiatan lain yang berkenaan dengan update situs.

Intinya, ping adalah suatu cara untuk memberi tahu Search Engine dan Directory (Termasuk situs social bookmarking) secara lebih cepat bahwa blog Anda telah diupdate dan otomatis mereka akan segera mengubah data mengenai blog Anda yang telah diperbaharui di server mereka. Untuk melakukan ping, digunakan jasa Ping Service. Layanan ini gratis dan mudah digunakan.

Beberapa situs yang menyediakan jasa Ping adalah:

1. Pingoat (http;//www.pingoat.com/)
2. Ping-o-matic (http://www.pingomatic.com/)
3. MyPagerank.net (http://mypagerank.net/ ), tapi layanan ini harus mendaftar dulu.

Tips melakukan Ping:
1. Lakukan ping apabila Anda telah mengupdate Blog
2. Lakukan ping apabila Anda mempublikasikan postingan terbaru
3. Jangan melakukan ping terlalu sering karena akan dianggap spam, jika Anda melakukan banyak postingan dalam sehari, cukup lakukan sekali ping saja, Ok.

No comments:

Post a Comment