Wednesday, September 15, 2010

Membuat teks berjalan di widget

Langsung saja ya bos....



disini saya akan memakai kode HTMLnya keseluruhan, sehingga anda tidak perlu pusing-pusing seperti yang alami karena tutorial yang satu dengan yang lain berbeda begitu juga dengan templete yang aku pakai dan menurutku kode HTML seperti ini-lah yang cocok untuk umum. Untuk perubahannya bisa dilakukan sendiri

<span style=" font-weight:bold; "> <marquee direction="left" scrollamount="5" height="20px" width="100%" bgcolor="#0000ff" >Teks berjalan dari kanan ke kiri</marquee></span>

Teks berjalan dari kanan ke kiri
Keterangan:
Width : untuk merubah ukuran lebar (dalam persen, bisa juga secara manual dengan mengganti % dengan px
Height : untuk mengatur tinggi ruang teks berjalan
Direction : untuk menentukan arah gerakan (left, right, up, down)
Behaviour : berfungsi untuk mengatur gerakan teks terdiri dari 3 attribute yaitu (alternate : teks bergerak bolak balik, slide : teks bergerak satu arah dan hanya sekali setelah itu berhenti, scroll : teks bergerak satu arah berulang-ulang).
Color : berfungsi untuk mengatur warna teks (ditulis dalam kode hexadecimal tetapi untuk warna dasar bisa ditulis langsung sesuai nama warna dalam bahasa Inggris), daripada anda susah-susah mencari kode HTMLnya dan anda menginginkan tidak berwarna tulis saja transparan (untuk kode warna trasnparan)
Bgcolor : berfungsi untuk mengatur warna background (dalam hexadecimal atau untuk warna dasar bisa ditulis langsung sesuai nama warna dalam bahasa Inggris).
<font face="kode HTML> ...... </font> : berfungsi untuk mengatur jenis font, warna font, ukuran font, dan sebaginya. Antara kode HTML dipisahkan dengan spasi)
<span style="kode CSS"> ...... </span> : berfungsi untuk menyisipkan kode CSS di dalam HTML. Jika menggunkanan style maka atribut-atribut CSS dapat diterapkan di sini contohnya font-size : untuk mengatur ukuran font, font-weight: untuk mengatur ketebalan font, color : untuk mengatur warna font, dan sebagainya, penulisan kode CSS tersebut harus dipisahkan dengan tanda titik koma(;).
Scrolldelay : berfungsi ntuk mengatur waktu tunda (delay) gerakan dalam satuan mili detik (ms).
Scrollamount : berfungsi untuk mengatur kecepatan gerakan dalam satuan pixel, semakin besar angkanya semakin cepat geraknya.
Loop : berfungsi untuk mengatur jumlah looping (pengulangan).
Onmouseover="this.stop ()" : berfungsi untuk menghentikan teks berjalaan ketika mouse mendekat.
Onmouseout="this.start ()" : berfungsi untuk membiarkan teks berjalan lagi ketika mouse menjauh.



Silahkan anda bereksperimen sendiri, berikut aku sertakan contoh-contohnya:
Teks berjalan dari atas ke bawah
<span style=" font-weight: bold; text-align:center;"> <marquee bgcolor="#ffff00" direction="down" height="70px" scrollamount="5" width="100%">Teks berjalan dari atas ke bawah</marquee></span>
Teks berjalan dari atas ke bawah

teks memantul berulang-ulang
<span style=" font-weight: bold; "><marquee scrolldelay="10" behavior="alternate" direction="up" width="100%" scrollamount="2" height="70px" bgcolor="#00FF00"><marquee scrolldelay="10" behavior="alternate" direction="left" scrollamount="2">Teks memantul berulang-ulang</marquee></span>
Teks memantul berulang-ulang

No comments:

Post a Comment