Tuesday, October 26, 2010

Nokia N8 HDTV Ponsel Menakjubkan

Baru-baru ini Nokia meluncurkan produk terbarunya. Ya... produk smartphone yang disebut-sebut sebagai flagship yang mampu bersaing dengan para pesaingnya. Nokia N8 juga merupakan ponsel pertama Nokia yang mendukung aplikasi lintas-platform Qt, serta framework antarmuka yang memungkinkan pengembangan aplikasi baik di Symbian atau di MeeGo.

"Nokia N8 merupakan kunci penting bagi Nokia. Ini merupakan perangkat pertama yang menggunakan Symbian^3 yang membawa Nokia ke tahap berikutnya," kata Bob McDougall, Country Manager Nokia Indonesia saat peluncuran Nokia N8 di Jakarta, Selasa (19/10/2010).

Tidak diragukan lagi Nokia N8 yang sudah menggunakan operating system symbian^3 dengan dukungan multi-touch, flick scrolling dan pinch zoom dan memungkinkan pengguna menjalankan beberapa aplikasi secara simultan, berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain.

Sebuah hape yang setara dengan kamera digital dengan lensa Carl Zeiss, lampu flash Xenon, serta sensor kamera yang setara dengan sensor-sensor yang ada pada kamera digital. Bahkan di dalamnya sudah terindtegrasi dengan aplikasi untuk mengedit video lewat layar AMOLED 16 juta warna berukuran 3.5 incinya, sehingga kamera tersebut bisa langsung difungsikan sebagai mesin produksi film .
Disamping kualitas videonya yang tinggi (High Definition) 720 piksel pada kecepatan 25 frame per detik, ternyata juga bisa dimasukkan ke TV (HDTV) dan home theater dengan sebuah konektor mini HDMI (pertama di dunia GSM), dilengkapi dengan suara surround Dolby Digital Plus. Nokia N8 juga mendukung berbagai format video, sehingga kita bisa nyaman melihat berbagai video dengan berbagai format, hasilnya juga bisa diedit dengan program yang sudah teringrasi di hape Nokia N8. Nokia N8 juga bisa dibuat nonton TV juga ada layanan Web TV-nya dengan berbagai acara, berita, dan hiburan, dari saluran-saluran CNN, E! Entertainment, Paramount, National Geographic, maupun konten Web TV lokal yang tersedia di Ovi Store.
Labolatorium penelitian Nokia telah meluncurkan prototipe aplikasi yang disebut Plug and Touch. Aplikasi ini memungkinkan Nokia N8 bersinkronisasi dengan HDTV dan membuat TV tersebut peka akan input sentuhan, memungkinkan kita melihat semua isi ponsel melalui layar HDTV dan sekaligus membuat HDTV anda menjadi layar sentuh.
Dengan meletakkan Nokia N8 sejauh kurang lebih 1,5 m di depan TV (tersambung melalui HDMI) dan memposisikan kamera di ponsel menghadap ke TV maka kamera akan berfungsi sebagai sensor sehingga apabila anda menekan menu yang ada di TV, otomatis akan mengaktifkan menu yang sama pada ponsel.

Untuk mendukung kinerja grafisnya, Nokia N8 juga memanfaatkan 3D Graphics hardware accelerator, sehingga antarmukanya akan terasa lebih cepat dan lebih responsif. Sementara untuk penyimpanan Nokia N8 dilengkapi dengan memori internal 16 GB serta memori 256 MB. Bahkan bisa ditambah lagi dengan slot microSD hingga 32 GB..

Nokia N8 akan tersedia di pasaran mulai 1 November 2010 dengan harga perdana Rp 4.950.000 dalam pilihan warna abu-abu, putih perak, hijau, dan oranye. Mulai 15 Oktober Nokia telah tersedua di 51 toko Nokia di seluruh Indonesia dan menggandeng situs belibarang.com sebagai situs belanja online.

No comments:

Post a Comment